');
Beranda » Artikel Blog » Hari Besar Nasional dan Hari Yang Penting di Bulan September (Jarang Orang Tahu)

Hari Besar Nasional dan Hari Yang Penting di Bulan September (Jarang Orang Tahu)

Diposting pada 11 September 2020 oleh admintokodina | Dilihat: 25 kali | Kategori:

Kalender Indonesia mungkin perlu diperlengkap lagi, bukan hanya mencantumkan hari libur nasional tapi juga hari-hari penting nasional. Sebab jika tidak … seringkali kita tidak tahu atau lupa dengan hari yang penting tersebut.

1 September : Hari Polisi Wanita (Polwan)

Polisi merupakan bagian dari Angkatan Bersenjata yang khusus menangani urusan perdata, pidana dan keamanan serta ketertiban di dalam negeri Indonesia ini. Peran polisi sangat besar dalam mengamankan kehidupan bermasyarakat dan bernegara apalagi ketika tindakan kriminal meningkat dimana-mana.

Kehadiran sosok Polwan memebrikan warna tersendiri dalam lembaga kepolisisan, dan merupakan presentasi dari nilai-nilai keberanian dikalangan perempuan.

4 September : Hari Pelanggan Nasional (HPN)

Pelanggan…? bagi saya pelanggan itu sangat penting apalagi pelanggan produk yang kujual. Tanpa pelanggan usaha, bisnis, jualan, jasa akan macet. Maka pelanggan adalah bagian penting dalam sebuah usaha. Hari pelanggan nasional dicanangkan oleh Presiden Megawati Sukarnoputri. Maksudnya aplagi kalau bukan untuk menghargai para pelanggan kegiatan ekonomi di Indonesia.

8 September : Hari Aksara

Hari Aksara atau = Huruf = Abjad merupakan hal penting dalam pendidikan manusia. Tanpa huruf mungkin dunia ini tidak bisa berkembang. Karena hampir semua lini bidang kehidupan manusia proses perkembangannya mesti ada unsur huruf yang ikut berperan….

Kalau jaman sekarang masih ada yang buta huruf (dan pasti masih ada lho…) sungguh sangat disayangkan. Maka wajib belajar memang benar-benar wajib …buta huruf harus di berantas tuntas agar semua orang bisa baca tulis.

8 September : Hari Pamong Praja

9 September : Haornas

Pada bulan September ada Haornas atau Hari Olah Raga Nasional. jangan-jangan anak-anak yang masih sekolah saja tidak tahu kapan dan tanggal berapa Haornas itu. Apalagi orang-orang tua…haahaha… Haornas ditetapkan bersamaan dengan PON I di Surakarta yang berlangsung tgl 9 s/d 12 September 1948. Penetapan ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No. 67 Tahun 1985 Tentang Hari Olah Raga Nasional dan ditandatangi oleh Presiden Soeharto.

Logo Hari Olahraga Nasional 2020 menyerupai bentuk bola yang terbentuk dari tiga komponen tema Haornas 2020 yaitu Sport Science, Sport Tourism, dan Sport Industry. Menurut Kementerian Pemuda dan Olahraga, logo ini melambangkan sinergi, semangat, dan kekuatan dalam meningkatkan kebugaran dan prestasi olahraga melalui dukungan sport science serta mendorong pertumbuhan ekonomi melalui sport tourism dan sport industry.

Dalam kondisi Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini sangat perlu digiatkan kembali kepada masyarakat untuk gemar berolahraga. Dulu zaman Presiden Soeharto sering diadakan gerakan mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olah raga. Dengan berolah raga maka kesehatan masyarakat akan meningkat dan tentu hal ini sangat penting dimasa wabah penyakit sedang melanda dunia.

Mari kita ingat selalu tanggal 9 September sebagai Hari Olah Raga Nasional dengan cara manjadikan diri kita gemar berolahraga agar badan sehat. Olah raga jangan kita membayangkan hanya bermain sepak bola, volley, bulutangkis, marathon dan olah raga berat lainnya. Karena olahraga yang termudah dan bisa dilakukan oleh siapapun dimanapun dan kapanpun juga ada misalnya Olah Raga Jalan Kaki atau Jalan Sehat.

Olah raga jalan kaki adalah olah raga yang murah dan sehat. Tidak perlu modal besar. Cukup modal kemauan, dengkul sehat, dan sepatu yang biasa dipakai sehari-haripun bisa.

11 September : Hari Radio Republik Indonesia (RRI)

11 September : hari Peringatan Serangan 11 September 2001

17 September : Hari Palang Merah Indonesia

Palang merah Indonesia ya.. berbeda dengan palang Merah Dunia. Palang Merah Indonesia (PMI) adalah sebuah organisasi nasional yang fokus dalam bidang sosial kemanusiaan. Khususnya pengadaan stock kebutuhan darah untuk manusia yang membutuhkan. Keberadaan PMI sebetulnya sudah ada sejak zaman kolonial Belanda, dimana ketika itu pemerintahan Hindia-Belanda mendirikan Nederlandsche Roode Kruis Afdeeling Indie (NERKAI) pada 12 Oktober 1873.

17 September : Hari Perhubungan Nasional

21 September : Hari Perdamaian Dunia

24 September : Hari Tani

26 September : Hari Statistik

27 September : Hari Pos Telekominikasi Telegraf (PTT)

28 September : Hari Kereta Api

29 September : Hari Sarjana Nasional

30 September : Hari Berkabung Nasional

Gerakan 30 September yang menghasilkan sejarah kelam Bangsa Indonesia karena terbunuhnya secara sadis dan tragis 7 Jenderal revolusi oleh Gerakan Partai Komunis Indonesia disingkat G30SPKI.

Melihat dalam film saja terasa sangat mencekam, apalagi bagi yang mengalami langsung situasi dimasa itu. Nyawa manusia seakan-akan sudah tak berarti lagi. Kondisi Bangsa Indnesia waktu itu semakin terpuruk dan masyarakat semakin susah.

Beruntung tampil pemimpin bangsa yang mengambil alih kendaliĀ  yaitu Letnan Jendral Soeharto yang kemudian menjadi Presiden Republik Indonesia hingga 1998.

Perjalanan Bangsa Indonesia memang penuh lika-liku dan pahit getir yang dialami oleh para pendahulu kita. Selayaknya hari ini kita mensyukuri dengan mengisi kemerdekaan dan menjaga Bangsa Indonesia ini tetap jaya dan bersatu.

Bagikan

Hari Besar Nasional dan Hari Yang Penting di Bulan September (Jarang Orang Tahu) | Tokodina.Com – 082213197730 – kalender 2021, tanggalan, calender, file psd, download, file png, jpg, unduh png,

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka
Vroperty 728x90
Chat via Whatsapp
Kuswan
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Kuswan
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja